Jumat, 23 Januari 2009

hallowen


Atribut serem n nakutin selalu muncul tiap akhir oktober. Setiap pestanya selalu ditandai dengan buah labu meringis. Hei itu tandanya saat peringatan hallwen. Tapi kenapa berhubungan sama roh dan arwah? Buat memperingati apa sih sebenarnya? Cari tau yuk!

Alkisah ada seorang bernama Jack O Lantern yang ingi mati untuk melihat keberadaan surga. Sewaktu dia mengunjungi neraka n bertemu dengan setan, si setan memberikannya batu bara yang menyala. Jack menaruhnya di dalam buah lobak n membawanya untuk menerangi jalan menuju jalan pulang.
Tradisi dari skotlandia ini jadi latar belakang cerita hallowen. Tapi sebetulnya versi peringatan dari berbagai negara itu berbeda-beda. Misalnya buah lobak yang sering dipakai untuk buat tradisi hallowen di skotlandia, akhirnya tergantikan oleh buah labu yang digunakan oleh masyarakat amrik sebagai pengganti lobak. Dan setiap ada acara hallowen ada buah labu yang dibikin seperti orang dan diberi nama Jack O Lantern. N sampe sekarang buah labu buah ”wajib” di tiap peringatan hallowen di seluruh dunia.
Walau berbeda-beda, budaya n tradisi tiap negara itu berawal dari satu pokok pemikiran : penghargaan atas yang tiada n diperingati sebagai cara buat mengingatkan kita sama ketiadaan itu. Kayak di Irlandia, Hallowen berasal dari hallow (kesucian) dan e’en yang artinya all hallow even or all hallow-mas or all saints or all soul day yang dirayain buat memperingati jasa-jasa orang suci (saint) di surga yang semasa hidupnya telah berjasa membela umat manusia.
Di era Episcopalians dan lutherians zaman katholik Roma, gunain moment peringatan hallowen ini untuk penghormatan semua orang suci yang telah tiada, baik dikenal maupun nggak, yang pernah berjasa sama gereja.
Tradisi itu di adaptasi Inggris. Di inggris di kenal kata sanctify yang sama artinya dengan kesucian. Tradisi ini kepanjangan dari perayaan Valentine’s Day tanggal 21 februari. Lewat paus Boniface IV, peringatan Valentine’s Day ini diadaptasi menjadi peringatan kematian All Saint yang di peringati tanggal 13 Mei. Raja Gregory III mengubah peringatan itu menjadi tanggl 1 November.
Lain lagi sama di Mexico, mereka namain peringatan tahunan Hallowen yang di adaptasi dari peringatan All saint day atau All soul day ini dengan nama los dias de los muertos peringatan ini di simbolkan dengan kupu-kupu dan burung kolibbri yang di percaya dulunya oleh bangsa aztec di Mexico sebagai renkarnasi jiwa-jiwa menusia yang telah tiada, di peringati selama dua hari, dari tanggal 1 sampe tanggal 2 November. Lewat tradisi di negara inilah, di kenal kostum-kostum serem yang di gunain buat peringatan Hallowen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar